Welcome to d-Blog

Monday, December 20, 2010

Fakta Menarik tentang Tubuh Kita

Banyak orang yang merasa sudah mengenal dirinya sendiri sepenuhnya. padahal apa yang sesungguhnya diketahui itu hanya bagian paling kecil dari apa yang dimilikinya.

1. Seseorang yang berukuran normal melepaskan sekitar 600.000 partikel kulit setiap jamnya, yang bila dijumlahkan dalam setahun menjadi 700gram. pada usia 70 ia kehilangan 50 kg atau sekitar 2/3 berat tubuhnya.

2. Orang kehilangan 45 helai rambut setiap hari. malah ada beberapa yang 60 helai. tetapi karena rata-rata kulit kepala mengandung 125.000 rambut, maka kehilangan itu tidak ada artinya. sepangjang hidupnya sesorang bisa kehilangan lebih dari 1.5juta rambut, walaupun tumbuh lagi.

3. Sel darah merah yang masa hidupnya sekitar 4 bulan, menumpuh perjalanan sejauh sekitar 1.600 km (itu jarak jakarta - amerika bukan yaa ??). dan pada saat bersin semuah aktivitas di tubuh kita berhenti sejenak termasuk jantung. mungki itu sebabnya mata kita selalu tertutup ketika bersin.

4. Otak manusia, dengan 10 milyar sel sarafnya yang tersimpan mempunyai kemampuan merekan lebih dari 86 juta bit informasi (sekitar 11 juta huruf) setiap harinya. memori selama hidupnya diperkirakan bisa menampung 100 triliyun bit informasi (12,5 triliyun huruf). kebayang kan bnyaknya kalo dijadikan buku huruf sebanyak gitu .. mungkin perpustakaan besar tidak cukup menampungnya ..

5. Bila metabolisme otak diubah menjadi energi, maka energi itu setara dengan bola lampu 20 watt.

6. Tenggorokan adalah salah satu jalan yang paling sibuk dalam tubuh. orang menghabiskan 40 ton makanan selama hidupnya dan menghirup sekitar 500.000 meter kubik udara.

7. Kalau anda bersin dengan kuat maka partikel yang terlontar memiliki kecepatan 165 km per jam. wah sama kayak formula 1 dong cepetnya ..

8. Rangkaian saraf otak, yang kini baru sebagian dipetakan oleh ahli saraf 1.400 kali lebih kompleks dibandingkan jaringan telepon dunia dewasa ini.

9. Setelah satu menit terjadi kegelapan, sensitivitas mata terhadap cahaya meningkat 10 kali, setelah 20 menit meningkat 600 kali dan ia mencapai batas sensitivitas terhadap cahaya sekitar 25.000 kali dari sebelum ada kegelapan setelah 40 menit.

10. Pada saat ini juga, di otak anda setiap detiknya berlangsung sekitar 100.000 reaksi kimia yang berlainan.

11. Bila semua orang di dunia sekarang ini berbicara serentak maka energi akustik total yang dihasilkan setara dengan energi yang dihasilkan oleh sautu pembangkit tenaga kecil.

12. dari semua data sensori yang secara tetap diterima kelima panca indera, hanya 1 % informasi saja yang diolah oleh otak. laiinya 99% dianggap tidak relevan.

13. Setiap ini persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteri, hingga untuk seluruh tubuh total ada 100 milyar lebih bakteri, atau sekitar 22 kali jumlah penduduk dunia. kebayang banyaknya gak, gan ??

14. Bidang sensori yang memungkinkan kita mencium, luasnya hanya 4,7 cm persegi. pada anjing pemburu sedikitnya 62,5 cm persegi, hiu 150 cm persegi, sementara pada kelinci punya reseptor bau seluas permukaan kulit di seluruh tubuhnya.

15. Diperlukan tempo seperlima ratus detik bagi otak untuk mengenali suatu benda setelah cahaya dari benda itu masuk ke mata untuk pertama kalinya.

16. Jantung setiap harinya menghabiskan energi yang besarnya cukup untuk menganngkat benda seberat hampir 1 ton ke ketinggiaan 13 meter. pada umur 50 jantung seseorang telah melakukan kerja yang setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 ton ke ketinggian 230 km. berat itu sendiri beberapa kali lebih berat dibanding muatan terberat yang pernah ada di orbit bumi.

17. Mata manusia tergolong sangat peka, karena pada suatu kondisi ideal ia bisa mendeteksi dari sebuah puncak gunung dimalam hari nyala sebatang korek api pada jarak 80 km.

18. Pada saat anda berbaring, tubuh anda menuntut anda agar menghirup udara sekitar delapan quart (1 quart = 0.9463 liter) tiap menit. Sit up memerlukan 16 quart udara tiap menit, bejalan memerlukan 24 quart, kalau berlari tubuh perlu 50 quart udara per menit.

19. Satu inchi persegi atau 6.25 persegi kulit, dua kali luas kuku ibu jari, mengandung 645 kelenjar keringat, 25 meter saraf, 65 kantong rambut, dan 75 kelenjar penghasil minyak serta 6 meter pembuluh darah.

20. Seseorang akan meninggal akibat tanpa tidur lebih cepat dibandingkan kelaparan. kematian akan terjadi setelah sekitar 10 hari tanpa tidur, sementara tanpa makan baru beberapa pekan.

21. Implus saraf paling cepat dari saraf ke saraf otak berkecepatan 400 km per jam.

terbuktilah, betapa Besar Kuasa Sang Pencipta kita,mudah-mudah informasi ini berguna bagi kita semua ..

Sumber :Kaskus.us

0 komentar:

Post a Comment

Emoticons for Chat Zone

http://www.smileycodes.info :a http://www.smileycodes.info :b http://www.smileycodes.info :c http://www.smileycodes.info :d http://www.smileycodes.info :e http://www.smileycodes.info :f http://www.smileycodes.info :g http://www.smileycodes.info :h http://www.smileycodes.info :i http://www.smileycodes.info :j
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting